--> Skip to main content

Apa yang dimaksud URL?

Kali ini Draiga akan membahas apa yang dimaksud URL. Sebelum memasuki lebih jauh tentang menulis dan optimasi. Teman-teman wajib tau apa itu yang dimaksud dengan URL. Banyak sekali orang yang sudah sering kali menulis dan berinteraksi di internet namun tidak mengetahui definisi dari URL. 


URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Masih asing bagaimana bentuknya?. URL adalah alamat yang teman-teman ketikkan saat ingin mengakses gambar, file, document atau apapun yang ada di internet. misal jika teman ingin membuka sosial media facebook maka teman-teman akan mengetikkan URL www.facebook.com bukan? Seperti itulah.

Komposisi Pembentuk URL

Komposisi dari URL sendiri ada 4 yaitu:

1. Protokol

Protokol adalah bagian paling depan dari URL. ini merupakan langkah awal bagaimana sebuah alamat URL di transmisikan. Protokol atau Hypertext Transfer Protokol yang sering disingkat http: merupakan bagian penting yang membuat user mudah untuk mengakses sebuah website.

2. Host Komputer

Host Komputer merupakan rumah perujuk dari dimana file yang akan kita akses. Ada beberapa website yang mencantumkannya ada pula yang tidak. Host Komputer biasa kita sebut World Wide Web atau yang sering kita singkat menjadi www. 

3. Domain

Domain adalah nama situs yang digunakan sebagai alamat. Jika pada situs ini maka domainnya adalah draiga.com. Domain pada dunia nyata dapat dianalogikan sebagai alamat rumah kita. Semisal adalah kantor PT. Astra berada di jl. Jendral Sudirman Kavling 5-6, maka akan memudahkan orang yang ingin datang kesana bukan. Sama dengan domain Draiga.com, anda tidak perlu kesusahan mencari diantara ribuan situs di search engine. Cukup masukkan URL draiga.com dan tekan enter maka anda langsung dapat mengunjungi situs tersebut.

4. Directory

Directory merupakan sebuah kateori atau kamar khusus untuk sebuah file. Jika dianalogikan misal tadi kita sudah menemukan alamat PT. Astra kemudian kita ingin menemui bagian apa? Bagian HRD misalnya. Nah inilah yang disebut directory. Jika pada halaman ini https://www.draiga.com/2018/12/apa-yang-dimaksud-url.html maka directory adalah bagian "apa-yang-dimaksud-url". Nah bagian itu lah yang dapat mengarahkan kita ke bagian yang benar-benar ingin kita tuju.

Bagaimana sudah paham kan apa yang dimaksud URL. Jadi jangan sampai sudah mahir mengutak atik sebuah situs namun tidak paham definisi dasar dari URL ya guys.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar