--> Skip to main content

Cara Mengubah Tampilan di Blogspot

Ada beberapa cara mengubah tampilan di blogspot yang kali ini akan kita bahas. Tampilan adalah sesuatu yang harus enak dilihat oleh orang yang mengunjungi situs kita. Mengubah tampilan atau biasa disebut thema secara dasar ada 2 cara. yaitu dengan langsung memilih thema default dari blog atau memilih untuk mengupload thema dari luar.


Thema dari luar pun kini memiliki banyak pilihan. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar semua sudah tersedia. Kita dapat memilih thema sesuai dengan keinginan kita, ada yang berupa single page atau yang biasanya berbentuk portofolio, ada pula yang berbentuk magazine yang biasa digunakan untuk situs berita dan lain sebagainya.

Khusus untuk blogspot untuk thema yang bawaan atau default dari blogspot memang tidak terlalu banyak. Namun thema yang disediakan oleh blogspot merupakan thema yang sudah cukup responsif, ringan dan enak untuk dipandang. Nah lalu apa langkah yang perlu dilakukan untuk mengubah tampilan di blogspot ini? berikut akan Draiga jelaskan caranya.

Cara mengubah Tampilan di Blogspot

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal bahwa secara sederhana ada 2 cara yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan. Pertama adalah dengan memilih thema default dan yang kedua adalah dengan upload thema dari luar. Baik simak penjabarannya berikut:

Cara Mengubah Tampilan di Blogspot dengan Thema Default

Untuk mengubah tampilan thema secara default sebenarnya sangat mudah. Cukup klik menu Thema pada halaman blogger anda seperti gambar di bawah


Setelah mengeklik tombol thema tersebut lalu teman-teman dapat scroll kebawah untuk melihat pilihan thema default yang disediakan oleh blogspot. Cukup Klik salah satu thema yang teman-teman suka dan pilih apply to blog atau pasang pada blog maka otomatis tampilan blog sudah berubah sesuai thema yang dipilih. Mudah bukan, hanya tinggal 3 kali klik saja tampilan sudah berubah.

Cara mengubah tampilan sesuai default memang sangat mudah. jika teman-teman ingin mengedit sedikit warna dasar dan lebar dari sidebar atau mainbar pun tinggal klik di customize dan sesuaikan dengan keinginan teman-tema.

Cara Mengubah Tampilan di Blogspot dengan upload Thema dari Luar

Untuk cara yang kedua adalah untuk mengupload thema dari luar yang kita inginkan. Nah thema dari luar ada banyak sekali sumbernya. Beberapa thema gratis dapat diperoleh di BTemplate maupun Sora Template. Keduanya merupakan situs yang menyediakan thema untuk blogspot. Banyak sekali pilihan thema gratis disana, namun tentu juga ada pula thema yang berbayar.

Untuk upload thema dari luar pastikan teman-teman sudah mendownload terlebih dahulu thema yang diinginkan. Biasanya ketika download filenya adalah berupa zip. Sebelum dapat di upload ke blogspot zip tersebut harus diextract terlebih dahulu. Pastikan terdapat file dengan format xml, karena file tersebutlah yang akan kita upload di blogspot.

Setelah file berformat xml tersebut siap maka teman-teman dapat pilih lagi menu thema seperti pada saat mengganti thema default. Perbedaannya adalah tidak perlu menscroll kebawah untuk memilih thema melainkan klik tombol Backup/Cadangkan yang ada di sebelah kanan atas.

Nah setelah klik tombol backup tersebut maka akan ada pilihan untuk membackup data. Nah untuk teman-teman yang sudah memiliki banyak artikel dan ingin mengamankan tampilan sebelumnya jika seandainya tampilan yang baru tidak sesuai. Maka Draiga sarankan untuk membackup terlebih dahulu yaitu dengan klik tombol download sehingga sewaktu-waktu dapat dikembalikan seperti asal. Namun jika blog teman-teman masih baru maka silahkan lewati step tersebut dan langsung ke bagian bawah pilih browse/cari thema yang ingin diupload.


Cari file dari komputer yang berformat xml tadi dan klik pilih upload. Setelah di klik upload maka otomatis tampilan di blogspot teman-teman akan berubah sesuai tema yang di upload. Bagaimana mudah bukan? itulah dua cara mengubah tampilan di blogspot dengan mudah, Untuk mengubah atau mengedit per bagaian akan dibahas pada artikel berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar